supaya laptop tidak mudah rusak

Laptop atau komputer jinjing adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan,beratnya berkisar dari 1–6 kg, tergantung pada ukuran,bahan,dan spesifikasi laptop tersebut. Sumber daya laptop berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri.

Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 2 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis,tergantung dari cara pemakaian,spesifikasi,dan ukuran baterai.Laptop terkadang disebut juga dengan komputer notebook atau notebook saja.

Sebagai komputer pribadi,laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer desktop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada desktop,hanya saja ukurannya diperkecil,dijadikan lebih ringan,lebih tidak panas,dan lebih hemat daya.

Laptop kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci tergantung dari ukuran laptop itu sendiri.Selain itu,papan ketik yang terdapat pada laptop juga kadang-kadang dilengkapi dengan papan sentuh yang berfungsi sebagai "pengganti" tetikus.Papan ketik dan tetikus tambahan dapat dipasang melalui soket Universal Serial Bus maupun PS/2 jika tersedia.

Berbeda dengan komputer desktop,laptop memiliki komponen pendukung yang didesain secara khusus untuk mengakomodasi sifat komputer jinjing yang portabel.Sifat utama yang dimiliki oleh komponen penyusun laptop adalah ukuran yang kecil, hemat konsumsi energi, dan efisien.

Komputer jinjing biasanya harganya lebih mahal,tergantung dari merek dan spesifikasi komponen penyusunnya,walaupun demikian,harga komputer jinjing pun semakin mendekati desktop seiring dengan semakin tingginya tingkat permintaan konsumen.

Seperti barang elektronik yang lainnya,laptop juga diperlukan perawatan agar tidak mudah rusak.Oleh karena itu hindari hal hal dibawah ini agar laptop anda tidak cepat rusak.

Baca : "IDM versi final terbaru"
  1. Ketumpahan air/kopi/teh yang mengakibatkan korsleting pada komponen mainboard
  2. Bagi perokok,hindari merokok disaat anda menggunakan laptop.Karena tanpa sengaja abu rokok yang jatuh bisa masuk ke sela sela keyboard yang pada akhirnya bisa menumpuk dan mengganjal di tuts keyboard dan keyboard dapat rusak
  3. Jangan menggunakan laptop diatas kasur/bantal/bahan yang lain,karena bisa menggangu sirkulasi udara di dalam laptop yang bisa menyebabkan overheat/kepanasan
  4. Sering download software bajakan di internet,karena biasanya software bajakan lebih rentan terhadap malware (tergantung anda mendownloadnya di situs tertentu)
  5. Lebih baik menggunakan laptop dengan kondisi di charge agar tidak mengurangi usia batre daripada menggunakan laptop dari power batre.Karena pada umumnya laptop keluaran sekarang sudah ada fitur auto stop charge ketika batre terisi penuh
  6. Jangan memaksakan "software"/game yang berat yang melebihi spek minimum yang dianjurkan software tersebut
  7. Goncangan atau benturan karena tidak sengaja,karena komponen mekanik sangat rentan terhadap hal tersebut
  8. Arus listrik yang tidak stabil bisa merusak komponen dalam laptop
  9. Biasakan matikan laptop melalui fitur shutdown + restart + sleep,jangan matikan langsung dari tombol power off
Semua barang elektronik pada akhirnya akan rusak juga,tetapi itupun bisa kita cegah untuk meminimalisir dengan melakukan hal tersebut diatas.Tidak ada salahnya kan untuk merawat barang elektronik kita sejak dini?

Source : https://id.wikipedia.org/wiki/Laptop