Kelebihan dan kekurangan toko online

Kelebihan dan kekurangan toko online

Weekend segera tiba,berencana ingin menghabiskan akhir pekan dengan berbelanja?
Atau ada kebutuhan barang yang harus dibeli?

Cara ini dilakukan oleh kebanyakan orang karena berbagai alasan,salah satunya juga adalah mengusir rasa lelah setelah beraktivitas penuh selama hari kerja.

Kini,berbelanja pun semakin dipermudah.Bagi Anda yang memiliki banyak waktu untuk berkeliling mall dan berbelanja barang incaran, bisa langsung datang ke toko offline.Namun,bila anda tidak memiliki banyak waktu dan ingin praktis,bisa kunjungi toko online.

Lantas,apa saja kelebihan dan kekurangan dari toko online? Kami akan berikan perbandingannya untuk anda!

Kelebihan Toko Online

Seiring berkembangnya toko online,tentu berbanding lurus dengan banyaknya permintaan pasar.Lalu,mengapa toko online menjadi pilihan banyak orang untuk berbelanja?

1. Harga Lebih Berani

Sebagian besar toko online menawarkan harga yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan toko offline,atau bisa dibilang harga lebih berani.Alasannya,saat ini sudah banyak orang yang mengetahui bahwa barang-barang yang dijual di internet cenderung lebih murah karena tidak dikenakan pajak bangunan seperti toko offline.Alasan lain,yaitu sudah banyak bermunculan toko online dengan variasi harga terbaik. Akhirnya,para pebisnis online pun mengurangi margin keuntungan demi mendapatkan banyak pelanggan.

2. Waktu Lebih Fleksible

Toko online memungkinkan anda untuk berbelanja barang tanpa harus banyak menyita waktu.Belanja pun bisa dilakukan di waktu senggang ataupun di sela sela jam sibuk.Saat ini transaksi di toko online semakin mudah dengan pembayaran menggunakan kartu kredit,hal semua itu bisa membuat waktu anda menjadi fleksible.

3. Barang Lebih Bervariasi

Barang di toko online lebih bervariasi.Sebagian besar toko offline hanya memiliki produk terbatas.Seperti contoh,mungkin ada beberapa produk yang hanya tersedia di toko offline tertentu.Toko online memungkinkan anda untuk menemukan banyak produk yang tidak ditemukan di toko offline.

4. Waktu Yang Tak Terbatas

Toko online memberikan hak khusus untuk calon pembelinya, yaitu dengan cara memberikan waktu belanja kapanpun atau waktu yang tak terbatas.Toko online tidak pernah tutup,kecuali di hari hari besar seperti hari raya idul fitri atau hari raya lainnya dan beberapa toko mempunyai hari libur yang berbeda pula untuk sebagian.Namun,biasanya pengiriman barang dilakukan sesuai dengan jam kerja,dan peraturan setiap toko online yang berbeda.
Itulah 4 kelebihan dari toko online yang wajib anda ketahui,kini kita simak apa aja sih kekurangan dari toko online?

Kelebihan dan kekurangan toko online

Kekurangan Toko Online

Tak jarang orang terlena dengan barang barang yang dijual secara online.Maka dari itu,anda wajib mengetahui 5 Trik Berhemat Saat Belanja Online.Inilah beberapa kekurangan dari toko offline.

1. Jeda Waktu Yang Lama

Jeda waktu pembayaran dan pengiriman barang dalam melakukan transaksi pembayaran dan pengiriman barang,terdapat jeda waktu yang cukup lama.Belum lagi jika terdapat kendala pada bagian jasa pengiriman karena overload. Kalau sudah begitu,perlu bersabar beberapa hari berikutnya hingga order anda tiba.Biasanya,toko online melakukan aturan kepada pembelinya dengan membayar terlebih dahulu baru barang akan dikirim ke alamat.Namun,ada juga yang menerapkan sistem Cash On Delivery (COD).

2. Adanya Biaya Pengiriman

Toko online menetapkan biaya pengiriman yang akan menambah total pengeluaran.Semakin jauh alamat yang dituju, maka semakin mahal pula biaya pengiriman.Selain itu, jika produk dikirim dari negara lain,biasanya anda juga akan bertanggung jawab untuk membayar pajak tambahan.Tetapi jangan khawatir...! toko online juga menerapkan fitur gratis ongkos kirim di beberapa merchant.

3. Kerusakan Barang Saat Pengiriman

Kerusakan barang saat pengiriman mungkin saja terjadi.Jika barang tersebut mengalami kerusakan,maka dapat memakan waktu beberapa hari untuk melakukan penggantian dengan cara mengirim kembali.

4. Resiko Pembohongan

Waspadalah,jangan sampai anda menjadi target pembohongan belanja online.Dalam belanja online,resiko yang bisa terjadi adalah kasus pembohongan.Hal ini terjadi jika situs yang anda kunjungi kurang tepercaya dan anda kurang teliti dalam memilihnya.Untuk menghindarinya, maka pilihlah situs online yang aman dan memang sudah tepercaya.Selain itu,anda juga harus mengetahui kredibilitas sang penjual dan juga testimoni dari pembeli lain.Jika terdapat banyak testimoni yang positif, maka anda bisa melanjutkan belanja.

5. Barang Tidak Sesuai

Barang yang dipajang toko online terkadang tidak sesuai dengan ekspektasi si pembeli.Misalnya saja ukuran baju atau sepatu yang ternyata tidak sesuai dengan ukuran yang biasa anda gunakan.Namun,ada beberapa toko online yang memberikan layanan penukaran barang.


Itulah 5 kelebihan dari toko online yang wajib juga anda ketahui.
Dari semua penjelasan di atas adalah Kelebihan Dan Kekurangan Toko Online sebagai panduan anda berbelanja online.

Apapun keputusan anda,itu semua tergantung anda dalam memilih berbelanja online atau offline.
Mungkin di lain waktu jikalau ada kesempatan,saya akan membahas kelebihan dan kekurangan toko offline juga.

Terima kasih.

Tidak ada komentar:

• Feedback anda penting bagi kami.
• Jangan memposting komentar spam, itu akan segera dihapus setelah kami meninjau.
• Hindari menyertakan URL situs web dalam komentar anda.

Diberdayakan oleh Blogger.