Apa itu Remap ECU pada motor ? Penjelasan dan fungsi remap ECU pada motor

 

Apa itu Remap ECU pada motor ? Penjelasan dan fungsi remap ECU pada motor

Dalam artian yang tepat Remap ECU motor adalah proses kalibrasi ECU motor yang dapat meningkatkan tenaga mesin lebih dari 10 persen.Remap ECU motor berfungsi menyetel ulang ECU sesuai dengan kebutuhan si pemilik kendaraan.

Setingan motor yang tepat tidak hanya membuat motor menjadi nyaman dikendarai,akan tetapi juga lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar.
Akan tetapi ada pula pengguna yang secara khusus atau sengaja mengubah setingan motor agar memiliki tenaga lebih besar atau laju yang lebih kencang dengan konsumsi bahan bakar yang lebih boros atau lebih irit.Salah satu cara yang kini terbilang umum dilakukan pada motor dengan tipe injeksi adalah melakukan remap ecu motor yang dimiliki.

Mengenal Remap ECU pada Motor

Kendaraan motor yang sudah menggunakan sistem injeksi bahan bakar memiliki komponen berupa Engine Control Unit atau ECU.Unit komponen ini berfungsi spesifik berupa mengatur penggunaan bahan bakar pada sistem injeksi.ECU secara khusus bertugas seperti CDI pada motor tipe karburator,tetapi dengan sistem elektronik yang lebih kompleks karena menangani campuran udara,bukaan bensin hingga mode riding pada sebuah motor.
Praktek remap ECU adalah melakukan melakukan pengaturan kembali pada sistem kontrol mesin yang mengatur penanganan pembakaran tersebut.Praktik ini umumnya dilakukan untuk mengembalikan setingan ECU ke kondisi awal,akan tetapi kini juga sering dilakukan dengan tujuan yang lain.

Remap ECU ini dilakukan untuk melakukan kalibrasi ulang komponen tersebut untuk mendapatkan performa ideal sebuah motor.Praktik ini sebenarnya lebih umum dilakukan pada motor yang sudah memakai piggyback atau ECU aftermarket.Akan tetapi kini muncul trend untuk melakukan remap ECU motor standar.

Tujuan dan Manfaat Remap ECU pada Motor

Secara umum,fungsi remap ecu motor adalah meningkatkan kinerja dan efisiensi konsumsi bahan bakar pada motor tersebut.Terkadang,setingan ECU pada sebuah motor juga dibatasi oleh pihak pabrik motor yang bersangkutan.Melakukan remap atau flash pada ECU dapat menghasilkan efek performa yang lebih baik karena setingan dimaksimalkan melebihi setingan pabrik.
Setingan pabrik seringkali tidak dibuat maksimal karena beberapa alasan seperti pertimbangan emisi gas buang,aturan standar motor di jalan raya hingga pertimbangan keamanan ketika motor tersebut digunakan.

Situasi tersebut sangat umum terjadi pada motor dengan kapasitas silinder 150cc ke atas. Kendaraan dengan kapasitas tersebut umumnya tidak akan diseting agar menghasilkan tenaga maksimal sesuai spesifikasi teknis mesin melalui ECU yang digunakan.Karena alasan itulah ada pemilik motor yang melakukan remap ECU dengan tujuan mendapatkan performa maksimal dari motor yang dimiliki.Penjelasan ini dapat menjawab pertanyaan apa itu remap ecu motor dan apa tujuan praktik tersebut dilakukan.
Remap ECU motor memiliki beberapa manfaat yang bisa diperoleh,salah satu yang paling mendasar adalah memperoleh performa maksimal sebuah motor.Ketika setingan ECU dimaksimalkan sesuai potensi motor,maka tenaga yang dihasilkan akan lebih besar dan kecepatan yang bisa dicapai juga akan lebih tinggi.
Manfaat remap ECU motor yang paling umum dirasakan adalah akselerasi motor yang meningkat.Kondisi tersebut bisa diperoleh karena torsi motor juga meningkat setelah pengaturan konsumsi bahan bakar diatur ulang dengan tujuan memaksimalkan tenaga yang dihasilkan.

Resiko Bahaya Remap ECU Motor

Pada sisi yang lain,praktik remap ECU motor juga memiliki resiko yang harus siap untuk dihadapi.Salah satu bahaya remap ecu motor yang harus dihadapi adalah kerusakan file pada ECU sehingga tidak dapat dibaca. 
Proses flash atau remap yang terlalu sering karena ingin mengubah ubah setingan juga beresiko membuat komponen ECU lebih cepat rusak.Resiko kerusakan juga lebih mungkin terjadi ketika proses remap ini tidak dilakukan oleh ahli dan menggunakan alat yang sesuai dengan ECU motor yang bersangkutan. 
Resiko remap ECU motor yang lain adalah konsumsi bahan bakar yang lebih boros.Hal ini disebabkan setingan pabrik umumnya dibuat untuk memaksimalkan efisiensi konsumsi bahan bakar,bukan untuk memaksimalkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin.
Hal lain yang wajib disadari oleh pemilik atau pengguna motor ketika melakukan remap ECU dengan tujuan memaksimalkan tenaga adalah kecepatan yang melebihi setingan pabrik. Artinya ada resiko kecelakaan yang lebih tinggi ketika motor dipacu dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Itulah beberapa hal penting tentang remap ecu motor : mulai dari pengertian,manfaat hingga risiko yang harus dihadapi ketika melakukan praktik tersebut.Hal ini dapat dijadikan pertimbangan pemilik motor ketika akan melakukan remap ECU pada motor yang dimiliki.

Tidak ada komentar:

• Feedback anda penting bagi kami.
• Jangan memposting komentar spam, itu akan segera dihapus setelah kami meninjau.
• Hindari menyertakan URL situs web dalam komentar anda.

Diberdayakan oleh Blogger.