Contoh seorang pemimpin yang baik di dalam perusahaan

Contoh seorang pemimpin yang baik di dalam perusahaan

Di dalam institusi pekerjaan atau sebuah perusahaan ataupun sebuah kelompok kerja tentu kita mengenal beberapa jabatan dalam menjalankan pekerjaan sesuai fungsi dari jabatan tersebut.
Sebuah perusahaan dibutuhkan banyak jabatan yang masing masing jabatan dapat bekerjasama dengan seluruh jabatan jabatan yang lainnya dan saling membutuhkan agar terciptanya perusahaan yang baik dan maju.

Salah satunya adalah pemimpin,pemimpin di dalam perusahaan adalah sebuah tingkatan jabatan yang bertanggung jawab atas pekerjaan masing masing bawahannya di masing masing jabatan.
Seorang pemimpin juga harus memiliki sikap,norma sosial,dan kontrol perilaku pribadi terhadap bawahannya agar bawahan bisa menghormati,bertanggung jawab,dan loyal terhadap pemimpinnya.
Beberapa contoh seorang pemimpin yang baik adalah :
Perusahaan tentunya memerlukan karyawan/pekerja lepas untuk bekerja di perusahaan tersebut yang memiliki kualitas fungsi di masing masing kemampuan dan pengetahuannya.

RENDAH HATI

Salah satu sifat yang baik seorang pemimpin adalah tidak menyombongkan pekerjaannya dan selalu rendah hati terhadap bawahannya.Bawahan akan menyenangi seorang pemimpin yang seperti ini.

MENGHARGAI HASIL PEKERJAAN

Di setiap pekerjaan dapat menghasilkan hasil yang berbeda beda,ada hasil yang baik dan hasil yang buruk.Tetapi bagi seorang pemimpin yang baik bisa menghargai sebuah pekerjaan bawahannya walaupun hasil tersebut buruk.

MAU BELAJAR

Tidak pernah puas dengan hasil yang dicapai dan mau belajar lagi adalah salah satu contoh pemimpin yang baik.Belajar dan belajar lagi juga menjauhkan dari sifat kesombongan.

TIDAK MENGULANGI KESALAHAN YANG SAMA

Perusahaan tentunya pernah mengalami kesalahan yang mengakibatkan kerugian.Di bawah pemimpin yang baik kesalahan yang pernah dibuat sengaja/tidak disengaja pastinya bisa dijadikan pembelajaran dan tidak akan mengulanginya lagi.

MAMPU MENGHADAPI TEKANAN

Pastinya dalam memimpin sering menghadapi tekanan tekanan dari lingkup perusaan sendiri ataupun diluar perusahaan,seorang pemimpin yang baik harus bisa menghadapi tekanan tekanan tersebut agar terlepas dari beban yang berdampak buruknya sebuah pekerjaan.

MEMILIKI RASA KEKELUARGAAN

Dapat merangkul dan membimbing bawahan layaknya 1 bagian dari keluarga adalah hal yang harus dilakukan pemimpin agar semua masalah yang yang datang bisa terselesaikan.Tentunya rasa kekerabatan selayaknya keluarga di dalam perusahaan dapat menimbulkan efek positif.

MEMBERIKAN ENERGI POSITIF

Seorang pemimpin yang baik dapat memberikan energi yg positif kepada semua bawahannya agar tidak kehilangan harapan,dapat mensupport dikala ada masalah di bawah, dan bisa membimbing keluar dari masalah.

PUNYA RELASI YANG LUAS

Berhasilnya sebuah perusahaan adalah dari banyaknya income tender costumer yang masuk,dari tender itulah dibutuhkan banyak relasi yang luas.Maka dari itu,dari seorang pemimpin yang baik pastinya harus mempunyai relasi yang cukup luas.

MAU MENDENGAR

Salah satu tugas pemimpin adalah mengatur suatu pekerjaan dengan memerintah bawahannya,tetapi agar menjadi seorang pemimpin yang baik adalah mau mendengarkan kritik,keluhan,ide dan masukan dari klien maupun dari bawahannya.

Contoh seorang pemimpin yang baik di dalam perusahaan

BELAJAR DARI PENGALAMAN

Sebuah perusahaan tentunya pernah mengalami masalah,belajarlah dari semua masalah yang pernah dihadapi sebagai sebuah pengalaman yang tidak akan terulang lagi.

TANTANGAN ADALAH KAWAN

Anggaplah sebuah tantangan adalah hal positif yang mesti kita lakukan dalam pencapaian level yang lebih tinggi lagi dan mampu menambah pengalaman.

PERCAYA DIRI

Tidak bimbang dan percaya diri adalah satu kunci sukses seorang pemimpin.Tidak tergoyahkan dari hasutan,omongan dan jebakan menjadi modal kekuatan pemimpin yang baik sehingga dapat memberikan arahan yang baik kepada bawahan.

MEMILIKI MENTAL YANG KUAT

Di dalam menghadapi situasi yang pelik seorang pemimpin harus mempunyai mental yang kuat dan tahan uji.Jika tidak kuat,hancurlah sebuah perusahaan yang dijalani.

PROFESIONAL

Bukan tidak mungkin kita sebagai manusia tidak mempunyai masalah di dalam keluarga ataupun di dalam pekerjaan.Tetapi hal itu kita harus bedakan ketika kita menghadapinya agar tidak tercampur dan membuat keadaan semakin sulit.

DAPAT BERKOMUNIKASI DENGAN BAIK

Bisa berkomunikasi dengan baik adalah modal utama yang harus dimiliki seorang pemimpin.Karena kebijakan atau keputusan yang akan dikeluarkannya apabila tidak dikomunikasikan dengan baik akan menjadi sorotan utama dari setiap orang terutama bawahannya.
Oleh karena itu komunikasi yang baik adalah skill yang khusus yang harus dipelajari.Berbicara sopan,tidak menggunakan kata kata kasar kepada bawahannya walaupun mereka itu salah adalah contoh pemimpin bijak dan baik.


JUJUR

Kejujuran sangat diperlukan oleh seorang pemimpin,kejujuran dapat memicu keberhasilan perusahaan terutama menyangkut perekonomian.Di bawah kepemimpinan yang tidak jujur,akan timbul korupsi dan penipuan.Kejujuran sangat berat untuk dijalani,tetapi jika tidak akan hancur dan hilang integritas seorang pemimpin.

MANAGEMEN WAKTU YANG BAIK

Mengatur waktu yang baik bagi pemimpin adalah acuan bagi seluruh bawahannya.Jika anda menjadi pemimpin yang tidak bisa mengatur waktu yang baik,bagaimana akan tercipta bawahan yang baik pula? Pastinya bawahan akan mengikuti atasannya pula.

TIDAK BERSIKAP OTORITER

Di manapun perusahaan yang anda pimpin tidak akan berhasil jika anda mempunyai sikap otoriter.Bawahan tidak akan menyukai sikap tersebut yang memaksakan bekerja layaknya seperti ‘robot’.

KONSISTEN

Apa yang diucapkan,apa yang dijalani.
Itulah sebuah prinsip yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin,bagaimanapun seorang pemimpin mempunyai wewenang terhadap bawahannya untuk mengatur pekerjaan.Jika tidak konsisten,pekerjaan yang dijalaninya akan berantakan dan akan bertabrakan dengan peraturan peraturan yang ada.Alhasil... seorang pemimpin akan dinilai buruk oleh bawahannya.

Menjadi pemimpin sangatlah berat untuk menjalaninya,tetapi bukan tidak mungkin menjadi pemimpin yang baik dan berhasil  tidak bisa jika anda dapat menjalaninya seperti contoh diatas.Jadilah seorang pemimpin yang baik yang bisa jadi panutan semua bawahan anda

A leader is one who knows the way, goes the way, and shows the way. — John C. Maxwell

Tidak ada komentar:

• Feedback anda penting bagi kami.
• Jangan memposting komentar spam, itu akan segera dihapus setelah kami meninjau.
• Hindari menyertakan URL situs web dalam komentar anda.

Diberdayakan oleh Blogger.